Research Repository

PENGARUH KNOWLEDGE, SOCIAL INFLUENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL LISTRIK YANG DIMEDIASI OLEH MINAT BELI KONSUMEN DI KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SAUTI, THAMRIN
dc.date.accessioned 2025-07-29T01:14:02Z
dc.date.available 2025-07-29T01:14:02Z
dc.date.issued 2025-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28202
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh knowledge,social influence terhadap keputusan pembelian mobil listrik, yang dimediasi oleh minat beli konsumen, dengan persepsi regulasi pemerintah sebagai variabel moderator di Kota Medan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh peningkatan kesadaran akan isu lingkungan dan dorongan pemerintah terhadap penggunaan kendaraan listrik, namun adopsi mobil listrik di Indonesia, khususnya Medan, masih menghadapi tantangan. Social Psychological Factors, seperti penegtahuan dan pengaruh sosial yang diperkirakan memainkan peran penting dalam membentuk minat beli dan pada akhirnya keputusan pembelian. Selain itu, persepsi masyarakat terhadap regulasi pemerintah yang mendukung kendaraan listrik juga dihipotesiskan dapat memperkuat hubungan antara minat beli dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden di Kota Medan. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan metode analisis jalur (path analysis) untuk menguji hubungan mediasi dan analisis moderasi untuk menguji peran variabel persepsi regulasi pemerintah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor psikologis dan sosial yang memengaruhi keputusan pembelian mobil listrik, serta implikasi dari kebijakan pemerintah dalam mendorong transisi ke kendaraan ramah lingkungan. en_US
dc.subject Knowledge en_US
dc.subject Social Influence en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.subject Minat Beli en_US
dc.subject Persepsi Regulasi Pemerintah en_US
dc.subject Mobil Listrik en_US
dc.title PENGARUH KNOWLEDGE, SOCIAL INFLUENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL LISTRIK YANG DIMEDIASI OLEH MINAT BELI KONSUMEN DI KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account