Research Repository

PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SIPIR PENJARA DALAM MENUMBUHKAN KONSEP DIRI WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author ASSIKIN, NUR
dc.date.accessioned 2025-07-24T05:14:37Z
dc.date.available 2025-07-24T05:14:37Z
dc.date.issued 2025-07-02
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28200
dc.description.abstract Penelitian ini membahas mengenai bagaimana peran komunikasi interpersonal sipir penjara dalam menumbuhkan konsep diri warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Medan dan apa saja hambatan yang dihadapi sipir penjara dalam menumbuhkan peran komunikasi interpersonal kepada warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Medan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran komunikasi interpersonal sipir penjara dalam menumbuhkan konsep diri warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Medan dan untuk menganalisis apa saja hambatan yang dihadapi sipir penjara dalam menumbuhkan peran komunikasi interpersonal kepada warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Medan. Metodo penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengangkat fakta, keadaan variabel dan fenomena-fenomena yang terjadi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Medan. Dalam penelitian ini, informan yang peneliti pilih adalah tiga sipir penjara dan tiga warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah ditemukan, mendapatkan data bahwa komunikasi interpersonal petugas dalam menumbuhkan konsep diri warga binaan melakukan pendekatan komunikasi dengan keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesetaraan untuk menyampaikan informasi seputar kegiatan pembinaan dan kegiatan lain-lainnya. Hambatan yang dihadapi sipir penjara dalam menumbuhkan peran komunikasi interpersonal kepada warga binaan ditemukan seperti hambatan fisik, hambatan fisiologis, hambatan psikologis dan hambatan semantik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal para petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak dengan warga binaan berlangsung efektif, dengan cara memberi pemahaman akan nilai-nilai agama, memberikan edukasi untuk para warga binaan. Hal ini dilakukan para petugas lembaga pemasyarakatan khusus anak kelas I Medan melalui komunikasi interpersonal. en_US
dc.subject Peran Komunikasi Interpersonal en_US
dc.subject Sipir Penjara en_US
dc.subject Konsep Diri en_US
dc.subject Warga Binaan en_US
dc.title PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SIPIR PENJARA DALAM MENUMBUHKAN KONSEP DIRI WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account