Research Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SIBOLGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN

Show simple item record

dc.contributor.author WALEDY, SYAKDIATUL
dc.date.accessioned 2025-07-21T04:15:09Z
dc.date.available 2025-07-21T04:15:09Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28190
dc.description.abstract Kota Sibolga memiliki daya tarik wisata yang tersebar di empat kecamatan dengan objek wisatanya sebanyak 35 objek. Posisi kepariwisataan Kota Sibolga cukup strategis. Hal ini dikarenakan Kota Sibolga merupakan salah satu dari 222 KPPN atau Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional. Keunggulan lain dari Kota Sibolga adalah penetapan sebagai pos maritim perikanan, perdagangan dan wisata bahari. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akhir-akhir ini sedang giat melakukan promosi terkait keunggulan sektor Pariwisata Sibolga. Inisiatif ini bertujuan untuk memikat wisatawan agar datang berkunjung. Strategi pemasaran yang sesuai tidak akan terlaksana jika komunikasi yang diterapkan perusahaan saat menyampaikan infomasi ke konsumen tidak maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya tren peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Sibolga setiap tahunnya. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kunjungan wisatawan meliputi strategi komunikasi pemasaran pariwisata yang tepat melalui berbagai media digital dan cetak, penyelenggaraan event wisata, kualitas dan keberagaman destinasi wisata yang menarik. Faktor faktor yang menyebabkan penurunan jumlah kunjungan wisatawan terutama berkaitan dengan permasalahan infrastruktur dan fasilitas pendukung, keterbatasan infrastruktur jalan menuju tempat wisata. Hambatan utama yang diidentifikasi adalah keterbatasan sumber daya manusia, terutama dalam mengoptimalkan penggunaan media digital dan bidang kepariwisataan secara umum. en_US
dc.subject Komunikasi Pemasaran en_US
dc.subject Kunjungan Wisatawan en_US
dc.subject Dinas Parpora en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SIBOLGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account