Abstract:
Kota Sibolga memiliki daya tarik wisata yang tersebar di empat kecamatan dengan
objek wisatanya sebanyak 35 objek. Posisi kepariwisataan Kota Sibolga cukup
strategis. Hal ini dikarenakan Kota Sibolga merupakan salah satu dari 222 KPPN
atau Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional. Keunggulan lain dari Kota
Sibolga adalah penetapan sebagai pos maritim perikanan, perdagangan dan
wisata bahari. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akhir-akhir ini sedang giat
melakukan promosi terkait keunggulan sektor Pariwisata Sibolga. Inisiatif ini
bertujuan untuk memikat wisatawan agar datang berkunjung. Strategi pemasaran
yang sesuai tidak akan terlaksana jika komunikasi yang diterapkan perusahaan saat
menyampaikan infomasi ke konsumen tidak maksimal. Metode penelitian yang
digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan adanya tren peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke
Kota Sibolga setiap tahunnya. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap
peningkatan kunjungan wisatawan meliputi strategi komunikasi pemasaran
pariwisata yang tepat melalui berbagai media digital dan cetak, penyelenggaraan
event wisata, kualitas dan keberagaman destinasi wisata yang menarik. Faktor
faktor yang menyebabkan penurunan jumlah kunjungan wisatawan terutama
berkaitan dengan permasalahan infrastruktur dan fasilitas pendukung, keterbatasan
infrastruktur jalan menuju tempat wisata. Hambatan utama yang diidentifikasi
adalah keterbatasan sumber daya manusia, terutama dalam mengoptimalkan
penggunaan media digital dan bidang kepariwisataan secara umum.