Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berhitung
siswa pada pembelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui ada tidaknya pebingkatan kemampuan berhitung permulaan siswa
dengan menggunakan media Kartu Angka pada siswa kelas II SD Muhammadiyah
01 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kleas (PTK) yang
dilakukan melalui II siklus, dengan setiap siklus tahapannya terdiri dari
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh
melalui observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu angka yang
dilaksanakan II siklus terbukti dapat meningkatkan kemampuan berhitung
permulaan siswa kelas II SD Muhammadiyah 01 Medan. Hal tersebut dapat
dilihat dari adanya peningkatan pada setiap aspek penelitian. Pada siklus I
dilakukan 1 kali pertemuan. Siswa tuntas pada siklus I 47%, dan meningkat pada
siklus II mencapai 96%. Peningkatan siklus I sampai siklus II yaitu 49%.