dc.description.abstract |
InDriver merupakan layanan transportasi berbasis online fenoena yang
terjadi mengenai promosi yang kurang efekktif berakibat munculnya pesaing yang
telah memberikan banyak promosi dan banyak potongan harga, pelayanan yang
tidak sesuai standar dapat menyebabkan reputasi pada perusahaan InDriver
menjadi negatif dimata pelanggan, pelayanan yang tidak sesuai standar dapat
menyebabkan reputasi pada perusahaan InDriver menjadi negatif dimata
pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi,
kepercayaan pelanggan dan reputasi merek terhadap loyalitas pelanggan dengan
kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner.
Penelitian ini menggunakan probability sampling methods. Analisis data
dilakukan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation
Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi tidak
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada pelanggan InDriver di
Kota Medan (non sig = 0,092 > 0,05). Kepercayaan pelanggan berpengaruh dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan InDriver di Kota Medan (sig = 0,018 <
0,05). Reputasi merek berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan
InDriver di Kota Medan (sig = 0,000 < 0,05). Promosi tidak berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada pelanggan InDriver di Kota Medan
(non sig = 0,098 > 0,05). Kepercayaan pelanggan berpengaruh dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan pada pelanggan InDriver di Kota Medan (sig =
0,042 < 0,05). Reputasi merek berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan pada pelanggan InDriver di Kota Medan (sig = 0,003 < 0,05).
Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada
pelanggan InDriver di Kota Medan (sig = 0,000 < 0,05). Promosi tidak
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan
sebagai variabel intervening pada pelanggan InDriver di Kota Medan (non sig =
0,107 > 0,05). Kepercayaan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada
pelanggan InDriver di Kota Medan (sig =0,042 < 0,05). Reputasi merek
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan
sebagai variabel intervening pada pelanggan InDriver di Kota Medan (sig = 0,000
< 0,05). |
en_US |