Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja Guru penggerak,
Implementasi Program Guru Penggerak dan Dampak implementasi pada Kinerja
Guru Penggerak di SMK Negeri 2 Medan. Metode penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Penggerak di Guru di SMK Negeri 2
Medan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara , observasi dan analisis
dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini reduksi data, penyajian data dan
penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Kinerja guru penggerak di SMK Negeri 2
Medan menunjukkan hasil yang baik dengan perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran yang efektif, penggunaan media yang relevan, serta keterlibatan aktif
siswa dalam proses belajar. Umpan balik yang berkelanjutan dan komunikasi yang
baik dengan siswa serta orang tua turut mendukung kualitas pembelajaran,
meskipun tantangan dalam mengelola perilaku siswa masih perlu mendapat
perhatian. Implementasi Program Guru Penggerak di sekolah ini telah berjalan
dengan baik, mendorong guru menjadi pemimpin pembelajaran yang inovatif dan
berpusat pada siswa melalui pelatihan serta pendampingan. Program ini berdampak
positif pada peningkatan keterampilan, motivasi, dan kompetensi sosial-profesional
guru, yang tidak hanya memperbaiki kualitas pembelajaran tetapi juga memperkuat
budaya inovasi di sekolah. Meski demikian, upaya untuk memperluas pengimbasan
praktik baik kepada seluruh guru masih perlu ditingkatkan agar manfaatnya
semakin luas dan berkelanjutan.