Research Repository

PENERAPAN LAYANAN INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN SIKAP ASERTIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 KOTA TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.author HASANAH, FADILA
dc.date.accessioned 2025-07-10T03:27:29Z
dc.date.available 2025-07-10T03:27:29Z
dc.date.issued 2025-06-17
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28158
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan individual dapat membantu meningkatkan sikap asertif pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Kota Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2024/2025. Permasalahan utama yang dibahas adalah kurangnya keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat, menolak ajakan serta mengekspresikan perasaan secara terbuka dan sehat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa perempuan yang memiliki kecenderungan rendah dalam bersikap asertif dan guru Bimbingan dan Konseling sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data meliputi wawancaea, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan konseling individual mampu memberikan dampak positif terhadao perkembangan sikap asertif siswa. Ketiga siswa yang menjadi subjek penelitian mengalami peningkatan keberanian dalam menyatakan pendapat, menolak tekanan teman sebaya secara sopan, serta lebih terbuka dalam mengungkapkan perasaan mereka. Lingkungan yang aman dan suportif memungkinkan siswa untuk belajar mengenali diri, membangun kepercayaan diri, serta mengembangkan keterampilan komunikasi yang sehat. Temuan ini membuktikan bahwa layanan konseling individual merupakan pendekatan yang efektif dalam membantu siswa mengatasi hambatan psikologis dan sosial yang berkaitan dengan sikap asertif. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Layanan Individual en_US
dc.subject Konseling Individual en_US
dc.title PENERAPAN LAYANAN INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN SIKAP ASERTIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 KOTA TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account