Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( Research and Development)
dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis , Design,
Development, Implementation,dan Evaluation.Namun , penelitian ini hanya
sampai pada tahap Implementation. (1) Tahap Analysis mencakup analisis
kebutuhan siswa, karakteristik siswa, serta analisis kurikulum. (2) Tahap Design
adalah tahap perancangan media diorama, mulai dari penyusunan desain materi
hingga instrumen penelitian. (3) Tahap Development meliputi validasi media oleh
ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain untuk memastikan kevalidan produk. (4)
Tahap Implementation merupakan uji coba penggunaan media diorama di kelas
III SDS Bina Satria Mulia, yang melibatkan respon guru dan siswa terhadap
kepraktisan media.
Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berbentuk diorama yang
telah melalui proses validasi dan uji kepraktisan. Hasil validasi dari ahli materi
menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 94% ( sangat valid), ahli bahasa 80%
(valid) dan ahli desain media 94% (sangat valid). Hasil uji kepraktisan oleh oleh
memperoleh skor 100% (sangat praktis), sedangkan respon siswa mencapai 96%
(sangat praktis). Dengan demikian, media diorama yang dikembangkan layak
digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran IPAS, khususnya dalam
memahami metamorfosis di kelas III SD.