dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( Research and
Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap
Analysis , Design, Development, Implementation,dan Evaluation. Namun,
penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation. (1) Tahap Analysis
mencakup analisis kebutuhan siswa, karakteristik siswa, serta analisis kurikulum.
(2) Tahap Design adalah tahap perancangan media papan pintar, mulai dari
penyusunan desain, materi, hingga instrumen penelitian. (3) Tahap Development
meliputi validasi media oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain untuk
memastikan kevalidan produk. (4) Tahap Implementation merupakan uji coba
penggunaan media papan pintar di kelas IV SDS Bina Satria Mulia, yang
melibatkan respon guru dan siswa terhadap kepraktisan media.
Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berbentuk papan
pintar yang telah melalui proses validasi dan uji kepraktisan. Hasil validasi dari
ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 94% ( sangat valid), ahli
bahasa 98% (valid) dan ahli desain media 96% (sangat valid). Hasil uji
kepraktisan oleh guru memperoleh skor 100% (sangat praktis), sedangkan respon
siswa mencapai 97% (sangat praktis). Dengan demikian, media papan pintar
yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran
IPAS, khususnya dalam memahami sumber energi di kelas IV SD. |
en_US |