dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan abad 21 4C
(Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication) siswa melalui
penerapan media SMAB (Smart Box) pada pembelajaran IPAS kelas IV di SDS
Bina Satria Mulia.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan
menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan 4C siswa mengalami
peningkatan yang signifikan. Pada tahap pra-siklus, rata-rata nilai keterampilan
4C siswa adalah 57,25 dengan ketuntasan hasil keterampilan abad 21 pada aspek
kolaborasi sebesar 35%. Setelah diterapkannya media SMAB pada siklus I, nilai
rata-rata meningkat menjadi 71,15 dengan persentase ketuntasan 60%.
Peningkatan berlanjut pada siklus II dengan rata-rata nilai 82 dan ketuntasan
belajar mencapai 100%. Penerapan media SMAB terbukti efektif dalam
menciptakan pembelajaran yang interaktif, kontekstual, dan mendorong partisipasi
aktif siswa. Media ini memfasilitasi siswa dalam berpikir kritis, bekerja sama,
menyampaikan pendapat, serta menumbuhkan kreativitas dalam memahami
materi IPAS |
en_US |