Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model RADEC (Read, Answer,
Discussion, Explain, And Create) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada
Pelajaran IPAS Di Kelas V SDN 104267 Pegajahan. Jenis Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V SDN 104267 Pegajahan yang berjumlah 54 siswa. Adapun untuk sampel
penelitian, peneliti menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian yaitu
pada siswa kelas V-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa
menggunakan model RADEC (Read, Answer, Discussion, Explain, And Create) dan
kelas V-A sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 29 siswa dengan menggunakan
model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
instrument tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
T (independent samples test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman
konsep siswa kelas V pada kelas kontrol menunjukkan peningkatan dari nilai
Pretest sebesar 63,97 menjadi 68,10 pada Posttest, namun hanya 48% siswa yang
mencapai ketuntasan, hal ini menandakan bahwa pembelajaran konvensional belum
maksimal dalam mengembangkan pemahaman konsep siswa terutama dalam
pelajaran IPAS. Pemahaman konsep siswa kelas V pada kelas eksperimen
mengalami peningkatan signifikan setelah diterapkan model RADEC, dari nilai
pretest 59,2 menjadi 76 pada postest, dengan tingkat ketuntasan mencapai 64%. Hal
ini menunjukkan bahwa model RADEC efektif dalam meningkatkan Pemahaman
konsep siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Uji T (Independent
samples T test) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.041 < 0,05 dan 0,038 <
0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat dikatakan bahwa Model
RADEC berpengaruh positif terhadap Pemahaman konsep siswa pada pelajaran
IPAS di kelas V SDN 104267 Pegajahan terutama pada materi magnet.