Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi bagaimana manajemen
kepala sekolah dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan
pengendalian dapat meningkatkan kinerja guru di SMA AR-RASYID Sei
Renggas Kabupaten Asahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi
di lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kinerja guru dipengaruhi kepala sekolah yang konsisten, serta
ketimpangan antara guru GTY dan GHK yang menyebabkan
ketidakpuasan pada guru honorer. Sekolah perlu kebijakan untuk
mendukung pengembangan semua guru. Inovasi pengajaran terlihat pada
beberapa guru, disiplin, penggunaan teknologi dan pendekatan siswa
masih perlu ditingkatkan. Dalam perencaraan sangat penting untuk
menciptakan kebijakan yang efektif. Pengorganisasian berupaya
memperbaiki pembagian tugas, tetapi guru GHK masih kurang dilibatkan
dalam tugas strategis. Dalam pengarahan masih perlu diperbaiki, karena
pengarahan sering kali terlalu umum dan kurang relevan dengan
tantangan kelas. Evaluasi kinerja dilakukan secara rutin, masih terdapat
masalah transparansi dan objektivitas. Guru berharap evaluasi lebih
relevan dan melibatkan dialog terbuka.