Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk Menguji dan menganalisis pengaruh
kompetensi profesional, lingkungan kerja dan motivasi kerja secara langsung
terhadap kinerja guru, untuk Menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi
profesional dan lingkungan kerja secara langsung terhadap motivasi kerja, dan
untuk Menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi profesional dan
lingkungan kerja secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi
kerja. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan sampel
sebanyak 31 responden yang merupakan guru UPTD SMP N 1 Sungai Kanan
Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan daftar
pernyataan seperti kuesioner dan teknik analisis data menggunakan Partial Least
Square (SmartPLS). Hasil penelitan menunjukan terdapat pengaruh positif dan
signifikan kompetensi profesional, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap
kinerja guru. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional dan
lingkungan kerja terhadap motivasi kerja. Terdapat pengaruh positif dan
signifikan kompetensi profesional dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru
melalui motivasi kerja.