Abstract:
Penelitian ini dilakukan atas adanya permasalahan siswa dalam proses belajar mengajar
dan juga kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga
mengakibatkan kurangnya perolehan keterampilan proses dalam pembelajaran. Adapun
tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh media poster
terhadap keterampilan proses IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan. Dalam
penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan lembar observasi. Teknis analisis
data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas expert dan uji hipotesis
(uji t). Adapun hasil nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media poster 53,10 dengan
nilai tertinggi 61 dan nilai terendah 43. Sedangkan hasil nilai rata-rata siswa sesudah
penggunaan media poster 86,10 dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 68. Data hasil
pengujian uji-t yang telah peneliti lakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
penggunaan media pembelajaran poster sebelum dan sesudah menggunakan media
pembelajaran. Berdasarkan pengujiannya diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed)
sebesar 0,00 x 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima (Ha diterima dan Ho
ditolak). Artinya setelah menggunakan media pembelajaran poster terjadi sebuah pengaruh
terhadap keterampilan proses IPAS siswa kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan.