dc.description.abstract |
Skripsi ini membahas tentang pengaruh metode pembelajaran jaritmatika terhadap
kemampuan berhitung pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 13 Medan,
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh penggunaan metode
Jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas III SD
Muhammadiyah 13 Medan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif,
yang merupakan metode penelitian yang berfokus pada data numerik.Dalam
penelitian ini, populasi mencakup semua siswa kelas III di SD Muhammadiyah 13
Medan yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas IIIA dengan jumlah 13 siswa
dan kelas IIIB yang terdiri dari 17 siswa, sehingga totalnya adalah 30 siswa.
Sampel ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas IIIA sebagai kelompok
eksperimen, dan kelas IIIB sebagai kelompok kontrol, Teknik analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dan realibitas, uji prasyarat, dan
uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada uji t diperoleh nilai
signifikasi sebesar 0,000 nilai signifikasi < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak,
maka terdapat pengaruh variabel bebas terhadap variabl terikat. Yang mana
terdapat pengaruh pembelajaran jaritmatika terhadap kemampuan berhitung siswa
kelas III SD Muhammadiyah Medan, terkhusus pada posttest kelas III A (Kelas
eksperimen) nilai rata-rata mencapai 88,47 dimana pada saat pretest 46,92. |
en_US |