Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra wisata dan
pemasaran media sosial terhadap keputusan berkunjung dimediasi minat
berkunjung pada wisata kota medan, baik secara langsung maupun tidak
langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis
statistik partial least square – structural equestion model (PLS-SEM). Hasil
penelitian menunjukkan Tidak ada pengaruh positif dan signifikan citra wisata
terhadap keputusan berkunjung pada wisata di Kota Medan. Tidak ada pengaruh
positif dan signifikan pemasaran sosial media terhadap keputusan berkunjung
pada wisata di Kota Medan. Tidak ada pengaruh positif dan signifikan citra
wisata terhadap minat berkunjung pada wisata di Kota Medan. Tidak ada
pengaruh positif dan signifikan pemasaran sosial media terhadap minat
berkunjung pada wisata di Kota Medan. Ada pengaruh positif dan signifikan
minat berkunjung terhadap kepuasan keputusan berkunjung pada wisata di Kota
Medan. Tidak ada pengaruh citra wisata terhadap keputusan berkunjung melalui
minat berkunjung pada wisata di Kota Medan. Tidak ada pengaruh pemasaran
sosial media terhadap keputusan berkunjung melalui minat berkunjung pada
wisata di Kota Medan. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa objek
wisata di Kota Medan perlu memperhatikan faktor-faktor lain selain citra
wisata, seperti harga tiket, kenyamanan, dan keamanan, yang mungkin lebih
dipertimbangkan oleh pengunjung dalam memilih objek wisata. Selain itu,
objek wisata juga perlu meningkatkan kepercayaan pengunjung melalui upaya
upaya peningkatan keamanan, keandalan, dan integritas layanan.