Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan
menggunakan media scrapbook pada pelajaran IPS di kelas V SD Swasta Tunas
Harapan Islam Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket yang digunakan untuk
memperoleh data yang berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui
adakah pengaruh dari penggunaan media scrapbook terhadap motivasi belajar
siswa. Dari hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan dalam motivasi
belajar siswa kelas V setelah penerapan media scrapbook. Sebelum penerapan
media scrapbook, nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah 73,10. Setelah
penerapan media scrapbook, nilai rata-rata motivasi belajar meningkat menjadi
86,10. Peningkatan sebesar 13,00 poin ini menunjukkan bahwa siswa menjadi
lebih tertarik dan terlibat dalam proses pembelajaran setelah media scrapbook
diterapkan. Hal ini dibuktikan Nilai signifikansi (Sig. (2-tailed) yang dihasilkan
adalah 0.00, yang jauh lebih kecil dari ambang batas signifikansi yang umumnya
digunakan (0.05). Dengan demikian hasil uji t-test ini menolak hipotesis nol (H0)
yang menyatakan Tidak ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media
scrapbook terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SD Swasta
Tunas Harapan Islam Medan, dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang
menyatakan Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media scrapbook
terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SD Swasta Tunas
Harapan Islam Medan.