Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi penggunaan aplikasi TikTok dalam
pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) pada siswa XI TJKT B di SMK Negeri 1
Lubuk Pakam. Dengan menggunakan metode survei dan wawancara, data dikumpulkan dari 35 siswa
dan satu guru bahasa Inggris yang aktif menggunakan TikTok sebagai alat bantu pengajaran. Hasilnya
menunjukkan bahwa TikTok secara signifikan meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar
bahasa Inggris, khususnya melalui konten yang kreatif, ringkas, dan interaktif. Guru juga melaporkan
bahwa siswa menjadi lebih antusias dan lebih mudah mengingat kosakata dan struktur bahasa setelah
mengintegrasikan TikTok ke dalam pembelajaran mereka. Selain itu, TikTok memfasilitasi
pengenalan aspek budaya berbahasa Inggris, yang dianggap penting dalam meningkatkan pemahaman
bahasa siswa secara keseluruhan. Namun, terlepas dari manfaat besar yang diberikan TikTok, penting
bagi pendidik untuk mengintegrasikannya dengan metode pengajaran tradisional untuk memastikan
siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Studi ini merekomendasikan agar platform
media sosial seperti TikTok terus dieksplorasi dalam konteks pendidikan untuk menciptakan
pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan bagi siswa.