Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas pelayanan elektronik terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui
dan menganalisis pengaruh ulasan pelanggan terhadap keputusan pembelian,
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap keputusan
pembelian, dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan
elektronik, ulasan pelanggan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian
secara online di Tokopedia pada masyarakat Kecamatan Medan Selayang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Medan Selayang
pengguna Tokopedia dengan jumlah sampel 96 orang yang ditentukan
menggunakan rumus Lemeshow Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket lalu diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda,
Uji Asumsi Klasik, Uji t dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data
dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (versi 24.00). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan kuaitas pelayanan
elektronik terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh positif signifikan ulasan
pelanggan terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh positif signifikan
kepercayaan terhadap keputusan pembelian ada pengaruh kualitas pelayanan
elektronik, ulasan pelanggan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian.