dc.contributor.author |
KHAIRANI, CINDY |
|
dc.date.accessioned |
2025-06-25T03:28:03Z |
|
dc.date.available |
2025-06-25T03:28:03Z |
|
dc.date.issued |
2023-08-23 |
|
dc.identifier.uri |
http://localhost:8080/handle/123456789/28022 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model
pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 028226 Binjai Tahun Ajaran 2022\2023
pada materi pecahan desimal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas Va SD Negeri 028226 Binjai yang terdiri dari satu kelas. Sampel pada
penelitian ini adalah Va SD Negeri 028226 Binjai
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa diajar setelah menggunakan model pembelajaran Means Ends
Analysis lebih tinggi dari siswa yang diajar sebelum menggunakan model Means
Ends Analysis. Hal ini dapat dilihat dari posttest siswa sebesar 85,00 yang berada
pada kategori tinggi. Adapun hasil pretest siswa sebesar 58,07 yang berada pada
kategori rendah. Demikian pula hasil analisis secara inferensial menggunakan uji t
terhadap data pretest dan posttest, diperoleh hasil bahwa kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa yang diajar setelah menggunakan model Means Ends
Analysis (postest) lebih tinggi disbanding siswa yang diajar sebelum
menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (pretest). Berdasarkan
hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
Means Ends Analysis berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa pada kelas V SD Negeri 028226 Binjai. |
en_US |
dc.publisher |
umsu |
en_US |
dc.subject |
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas V SD Negeri 028226 Binjai. |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 028226 BINJAI |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |