Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 028226 BINJAI

Show simple item record

dc.contributor.author KHAIRANI, CINDY
dc.date.accessioned 2025-06-25T03:28:03Z
dc.date.available 2025-06-25T03:28:03Z
dc.date.issued 2023-08-23
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28022
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 028226 Binjai Tahun Ajaran 2022\2023 pada materi pecahan desimal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Va SD Negeri 028226 Binjai yang terdiri dari satu kelas. Sampel pada penelitian ini adalah Va SD Negeri 028226 Binjai Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diajar setelah menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis lebih tinggi dari siswa yang diajar sebelum menggunakan model Means Ends Analysis. Hal ini dapat dilihat dari posttest siswa sebesar 85,00 yang berada pada kategori tinggi. Adapun hasil pretest siswa sebesar 58,07 yang berada pada kategori rendah. Demikian pula hasil analisis secara inferensial menggunakan uji t terhadap data pretest dan posttest, diperoleh hasil bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar setelah menggunakan model Means Ends Analysis (postest) lebih tinggi disbanding siswa yang diajar sebelum menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (pretest). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas V SD Negeri 028226 Binjai. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas V SD Negeri 028226 Binjai. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 028226 BINJAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account