Research Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGATASI KETERLAMBATAN MEMBACA SISWA DI UPT SD NEGERI 106152

Show simple item record

dc.contributor.author HAKIM, AULIA KHAIRANI
dc.date.accessioned 2025-06-25T03:03:44Z
dc.date.available 2025-06-25T03:03:44Z
dc.date.issued 2025-04-22
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28016
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengatasi keterlambatan membaca siswa di UPT SD Negeri 106152. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi komunikasi, seperti komunikasi interpersonal, penggunaan media dan teknologi, pembelajaran berbasis komunikasi, serta kolaborasi dengan orang tua. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa. konsep pendidikan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu: Ing ngarso sung tulodho, di depan memberi keteladanan/contoh yang baik; Ing madya mangun karso, di tengah membangkitkan keinginan/semangat; Tut wuri handayani, di belakang member motivasi/dukungan.Ketiga unsur tersebut menjadi spirit dan terbangun dalam kesatuan yang utuh pada aktivitas pendidikan. Komunikasi pendidikan dapat memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam memberikan penjelasan dan pemahaman atas materi pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik. Guru juga menyesuaikan metode pengajaran dengan karakteristik masing-masing siswa, memberikan umpan balik yang membangun, komunikasi dalam pendidikan merupakan salah satu unsurnya landasan yang sangat penting bagi kedudukan dan peranannya dalam mewujudkan hal tersebut. keberhasilan proses pendidikan yang dilaksanakan serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.Komunikasi yang baik juga melibatkan umpan balik yang membangun dari guru kepada siswa,Proses pembelajaran siswa memiliki gaya belajar yang berbeda Keterlibatan orang tua melalui komunikasi aktif dan pemberian tugas membaca di rumah juga berperan penting dalam mempercepat kemampuan membaca siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pembelajaran yang efektif dapat mengatasi keterlambatan membaca dan mendukung pencapaian akademik siswa secara optimal. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject strategi komunikasi en_US
dc.subject pembelajaran en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGATASI KETERLAMBATAN MEMBACA SISWA DI UPT SD NEGERI 106152 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account