dc.description.abstract |
Hasil wawancara mengungkap bahwa rendahnya partisipasi belajar
siswa kelas III disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang
kurang menarik menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan kurang
terlibat dalam proses pembelajaran terutama materi bangun datar.
Minimnya variasi media pembelajaran membuat siswa kesulitan
memahami konsep secara mendalam, yang berdampak pada
rendahnya keaktifan mereka dalam belajar. Tujuan dari penelitian
ini ialah untuk mengevaluasi seberapa efektif penggunaan media
papan paku dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam
pembelajaran dikelas III pada materi bangun datar. Sampel
penelitian terdiri dari 10 siswa, dengan metode yang digunakan
berupa Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada 2
siklus, yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan,
aplikasi, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui
wawancara serta tes untuk mengukur tingkat keaktifan siswa
sebelum dan setelah penggunaan media papan paku. Hasil penelitian
mengindikasikan bahwa penggunaan media papan paku dalam
pembelajaran materi bangun datar secara signifikan menaikkan
keterlibatan belajar peserta didik. Persentase keaktifan siswa
meningkat dari 65% pada siklus pertama menjadi 87,5% pada siklus
ke 2. menggunakan demikian, media papan paku terbukti efektif
dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa serta membantu mereka
memahami konsep bangun datar dengan lebih baik |
en_US |