Research Repository

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING VERBAL DI SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Annisa, Intani Rifqa
dc.date.accessioned 2025-06-24T04:45:36Z
dc.date.available 2025-06-24T04:45:36Z
dc.date.issued 2025-04-13
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/27980
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi perilaku bullying verbal di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Bullying verbal, yang kerap kali diabaikan karena tidak meninggalkan bekas fisik, memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi korban, seperti menurunnya rasa percaya diri, kecemasan, bahkan depresi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru PAI dan siswa di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bullying verbal yang terjadi di sekolah meliputi ejekan, penghinaan, dan pemberian julukan yang merendahkan. Faktor penyebabnya antara lain kurangnya perhatian dari guru dan orang tua, serta pengaruh lingkungan sosial. Strategi yang diterapkan oleh guru PAI mencakup pendekatan persuasif melalui nasihat dan pembinaan akhlak, integrasi nilai-nilai Islam dalam materi pelajaran, serta menjalin komunikasi intensif dengan siswa dan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru PAI sangat penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendidik, serta mendorong terciptanya karakter siswa yang berakhlak mulia. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Strateg Guru en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING VERBAL DI SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account