Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran dan
kemanjuran teknik Scramble dalam meningkatkan kemampuan membangun kata. Untuk lingkungan
sekolah dasar, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode
pengajaran yang lebih praktis dan efektif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan deskriptif
kualitatif merupakan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Karena kemampuannya
untuk memecahkan masalah di lapangan melalui kegiatan pembelajaran yang progresif dan berulang, PTK
dipilih. Tujuan proyek ini adalah untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan menulis kata mereka
dengan menggunakan metode Scramble. Penelitian yang dilakukan di Kampung Bharu Malaysia Learning
Center tentang upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kata menggunakan metode
Scramble menunjukkan bahwa pendekatan tersebut sangat berhasil dalam mencapai tujuan ini. Hal ini
terlihat dari nilai rata-rata yang meningkat sebesar 27% dari 58% pada prasiklus menjadi 72% pada siklus I
dan 85% pada siklus II. Lebih jauh lagi, dari 40% pada prasiklus menjadi 70% pada siklus I dan 90% pada
siklus II, pendekatan Scramble secara efektif meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Hal ini menunjukkan bagaimana strategi ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan
baik. 90% siswa mengatakan bahwa pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, 80% mengatakan mereka
merasa lebih percaya diri, dan 85% mengatakan pendekatan ini membantu mereka memahami materi
dengan lebih baik, menurut hasil survei.