Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana produk media
pembelajaran Pop-Up Book pada mata materi bangun datar. (2) Mengetahui tingkat
kevalidan media. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan media. Metode yang
dipergunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau
Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada
penelitian ini, yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : (1)
tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap
pengembangan (development) dan (4) tahap penyebarluasan (dissemination) yang
diperkenalkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran
perkalian Pop-Up Book di sekolah dasar. Berdasarkan validasi terhadap media
pembelajaran rata-rata 91 % untuk ahli materi, 93% untuk ahli media, 96% untuk
ahli bahasa, artinya media pembelajaran kriteria sangat layak. Hasil kepraktisan
terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh 92% dan untuk respon
siswa diperoleh 95% artinya media pembelajaran kriteria sangat praktis.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop-Up
Book telah dinyatakan sangat layak/valid dan sangat praktis.