dc.description.abstract |
pemahaman materi gotong royong pada pendidikan siswa kelas IV SD serta untuk
mengetahui apakah metode pembelajarana yang diberikan guru selama selama ini
sudah efektif ataukah justru sebaliknya dan guna membandingkan metode
pembelajaran konvensional dengan metode pembelajaran menggunakan media
interaktif Gamma AI untuk mengetahui metode manakah yang lebih efektif.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang di mana Dengan
menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil dua kelas di
mana satu kelas menjadi kelas kontrol dan satu kelasnya menjadi kelas
eksperimen dengan Populasi Siswa sebanyak 28 siswa untuk kelas kontrol dan 28
siswa untuk kelas eksperimen. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan uji
hipotesis yang dipakai pada penelitian ini yang di mana hasil penelitiannya yaitu
bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara metode pembelajaran
dengan penggunaan media interaktif Gamma AI yang diberikan pada kelas
eksperimen dibandingkan dengan yang menggunakan metode pembelajaran
konvensional yang diberikan pada kelas kontrol. Dengan hasil analisis uji
hipotesis memakai uji Independent Sampel T Test yang menunjukkan bahwa hasil
belajar siswa terdapat pada taraf sig <0,05, yaitu 0,023 < 0,05. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa H02 ditolak dan Ha2 diterima yang artinya ada perbedaan
hasil belajar siswa antara kelas yang diajarkan dengan menggunakan media
interaktif Gamma AI dimana pembelajaran pendidikan pancasila dibandingkan
dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran tersebut.
Penggunaan media interaktif Gamma AI pada dasarnya sangat efektif digunakan
sebagai metode pembelajaran guna meningkatkan pemahaman materi pada siswa,
dibandingkan dengan metode konvensional yang selama ini digunakan oleh para
guru yang pada penelitian mendapatkan hasil yang kurang efektif. |
en_US |