Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk buku saku
yang efektif untuk pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar. Metode
pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang mencakup tahap
Analisis, Desain, Pengembangan, dan Implementasi. Meskipun penelitian ini
terbatas pada empat tahap, hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa buku
saku yang dikembangkan memiliki kelayakan yang sangat baik, dengan nilai
validasi mencapai 95% dari ahli desain media, 82% dari ahli materi, dan 80% dari
ahli bahasa. Uji coba dilakukan di kelas III SD Negeri 064965 Medan dengan
melibatkan 19 siswa, yang menunjukkan tingkat kepraktisan bahan ajar sebesar
90% untuk guru dan 92% untuk siswa, keduanya dalam kategori "sangat praktis".
Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar uji coba dilakukan di lebih banyak kelas
atau sekolah untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dan representatif. Selain
itu, pengembangan bahan ajar selanjutnya perlu mempertimbangkan variasi dan
daya tarik yang lebih besar untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar IPA,
sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Penelitian
ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas
pembelajaran IPA di sekolah dasar