Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi Siswa kelas XI IPA
SMA Asuhan Daya Medan. Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif,
dengan desain penelitian Pre test dan Post Test. Populasi dalam penelitian ini
adalah Siswa kelas IX IPA SMA Asuhan Daya Medan. Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas XI IPA berjumlah 30 Siswa dengan pengambilan sampel
secara total sampling. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini
adalah tes tertulis dalam bentuk esai. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan
menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran problem
based learning tipe pre test dan post test rata rata 63,70, Termasuk ke dalam
kategori kurang atau gagal. Sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning berbantuan video animasi sebesar 82,5. Berdasarkan uji t
diketahui nilai T hitung sebesar 3,53 jauh lebih tinggi dari T tabel 1,05 Hasil
analisis tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran dan media
pembelajaran berbasis Problem based learning berpengaruh positif dalam
mengembangkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa