dc.description.abstract |
Pembelajaran di sekolah dasar (SD) merupakan sesi dini untuk partisipan didik
dalam menempuh proses pembelajaran. Pembelajaran di tingkatan ini berfungsi berarti dalam
membangun fondasi pengetahuan siswa yang hendak digunakan dalam pembelajaran
berikutnya. Kemampuan berbicara merupakan keahlian buat mengutarakan bunyi-bunyi
artikulasi ataupun perkata yang digunakan buat mengekspresikan, melaporkan, serta
mengantarkan benak, gagasan, dan perasaan. Berdialog ialah suatu metode berbicara secara
lisan antar orang atau kelompok buat menggapai tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan buat
tingkatkan keahlian berdialog siswa di Sanggar Bimbingan Kampung Bharu, Malaysia,
dengan mempraktikkan tata cara sosiodrama. Metode Penelitian dalam penelitian ini
mencakup empat elemen utama, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting),
pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil riset menampilkan kenaikan yang
signifikan dalam keahlian berdialog siswa, dengan nilai rata- rata bertambah dari 37, 5% pada
siklus I jadi 70% pada siklus II. Riset ini merumuskan kalau tata cara sosiodrama efektif dalam
tingkatkan keahlian berdialog siswa. |
en_US |