Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDS Muhammadiyah 25 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmah, Riri Fadiyah
dc.date.accessioned 2025-06-19T08:56:35Z
dc.date.available 2025-06-19T08:56:35Z
dc.date.issued 2025-05-27
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/27784
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah satu kelas yang berjumlah 21 orang siswa, dimana Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen pengumpulan data berupa tes esay yang menyangkut pada pre-test dan juga post-test. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction) sementara itu untk variabel terikut dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata siswa setelah penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction). Peningkatan ini menyatakan bahwa model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction) memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction) dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.subject Pembelajaran IPAS en_US
dc.subject Siswa Kelas V en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDS Muhammadiyah 25 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account