dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan mengenai rendahnya
berpikir kritis siswa, guru yang kurang menggunakan variasi metode dan model
pembelajaran dan ini menyebabkan hanya beberapa siswa saja yang
memperhatikan guru pada saat menjelaskan pembelajaran dan ini yang
menyebabkan rendahnya siswa untuk berpikir kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Brain
Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV dalam
pembelajaran IPAS. Populasi dalam penelitian ini ini berjumlah 25 orang siswa,
dimana Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik
sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel
penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes essay yang
menyangkut pada pre-test dan juga post-test. Variabel bebas dalam penelitian ini
yaitu pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning sementara itu untuk
variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis siswa dalam
pembelajaran IPAS. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah paired sampel T-Test mendapatkan hasil nilai signifikan 0,000<0,05.
Berarti nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka ini menunjukan Ha diterima
berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan
berpikir kritis pada pelajaran IPAS siswa kelas IV SDS Muhammadiyah 25
medan. |
en_US |