Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDS Muhammadiyah 25

Show simple item record

dc.contributor.author Hafipa, Sintia
dc.date.accessioned 2025-06-19T08:50:50Z
dc.date.available 2025-06-19T08:50:50Z
dc.date.issued 2025-05-27
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/27783
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan mengenai rendahnya berpikir kritis siswa, guru yang kurang menggunakan variasi metode dan model pembelajaran dan ini menyebabkan hanya beberapa siswa saja yang memperhatikan guru pada saat menjelaskan pembelajaran dan ini yang menyebabkan rendahnya siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV dalam pembelajaran IPAS. Populasi dalam penelitian ini ini berjumlah 25 orang siswa, dimana Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes essay yang menyangkut pada pre-test dan juga post-test. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning sementara itu untuk variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired sampel T-Test mendapatkan hasil nilai signifikan 0,000<0,05. Berarti nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka ini menunjukan Ha diterima berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pelajaran IPAS siswa kelas IV SDS Muhammadiyah 25 medan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Brain Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.subject Pembelajaran IPAS en_US
dc.subject Siswa Kelas IV en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDS Muhammadiyah 25 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account