Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Think Pair Share oleh guru terhadap keterampilan membaca siswa siswa Kelas
IV SDN 105388 Kuala Bali Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 18
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
menggunakan
kuesioner.
Analisis
data
dilakukan
dengan
melakukan,instrument penelitian uji keabsahan data, diskusi hasil penelitian
penelitian menunjukkan bahwa. Berdasarkan hasil kelas eksperimen sebesar
10 soal instrument dan setelah itu data dapat sebesar 5 kevalidtan dan 5
tidak valid dari data tersebut yang valid di lakukan lagi untuk pengecekan
data selanjutnya yaitu data validitas kelas setelah menggunakan model
TPS maka dapat dihasilkan menjadi 9 yang valid dan 1 yang tidak
valid.Berdasarkan Hasil Reabilitas menunjukkan menjadi data ,971
reabilitas maka data tersebut menjadi reabilitas dikarenakan >0,60
dilanjutkan ke data normalitas menjadi ,235 maka data tersebut menjadi
normalitas yang mana data tersebut bila dikatakan normalitas jika > 0,05
dengan ini data tersebut dicek ke homogonitas untuk melihat apakah data
tersebut serupa dengan data yang sebelumnya maka hasil dari data tersebut
menjadi ,537 maka data ini dapat dikatakan homoginitas karna >0,05 serta
pengecekan data yag terakhir untuk mengecek hipotesis apakah data
tersebut berpengaruh apakah tidak maka data tersebut adalah Ha dapat
diterima yaitu 0,005 dan Ho ditolak karna <0,05 maka dengan ini
keterampilan membaca siswa berpengaruh dengan menggunakan model
penggunaan model pembelajaran.