Research Repository

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author NURZANAH
dc.date.accessioned 2025-06-03T10:48:10Z
dc.date.available 2025-06-03T10:48:10Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27759
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap keterampilan membaca permulaan siswa di Sanggar Bimbingan Belajar Kampung Baru Malaysia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterampilan membaca permulaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan membaca permulaan siswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Rata-rata nilai keterampilan membaca permulaan siswa sebelum penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah 58,82, sedangkan setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi meningkat menjadi 84,58. Analisis data menggunakan paired t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa di Sanggar Bimbingan Belajar Kampung Baru Malaysia. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pembelajaran Berdiferensiasi en_US
dc.subject Keterampilan Membaca Permulaan en_US
dc.title EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account