dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berdiferensiasi
terhadap keterampilan membaca permulaan siswa di Sanggar Bimbingan Belajar
Kampung Baru Malaysia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sekaligus sampel dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan lembar observasi keterampilan membaca permulaan dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan pada keterampilan membaca permulaan siswa sebelum dan sesudah
penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Rata-rata nilai keterampilan membaca
permulaan siswa sebelum penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah 58,82,
sedangkan setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi meningkat menjadi 84,58.
Analisis data menggunakan paired t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar
0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan
pembelajaran berdiferensiasi efektif terhadap peningkatan keterampilan membaca
permulaan siswa di Sanggar Bimbingan Belajar Kampung Baru Malaysia. |
en_US |