Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMEDI PUTAR BANGUN RUANG TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA KELAS 2 DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA

Show simple item record

dc.contributor.author SYAFITRI, ANINDI RIZQIA
dc.date.accessioned 2025-06-03T03:35:43Z
dc.date.available 2025-06-03T03:35:43Z
dc.date.issued 2025-04-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27735
dc.description.abstract Pendidikan adalah proses dimana setiap individu (peserta didik) memperoleh pengetahuan yang akan membantu mereka memahami, menjadi lebih dewasa, dan menjadi lebih kritis dalam berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media komedi putar bangun ruang terhadap kemampuan pemahaman siswa kelas 2 di Sanggar Bimbingan Kepong, Malaysia. Penelitian yang bersifat hipotesis dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas 2 Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia. Hasil observasi menunjukkan bahwa banyak siswa menganggap matematika, khususnya materi bangun ruang, sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan, yang menyebabkan rendahnya hasil belajar mereka. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan media komedi putar sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang. Data yang diperoleh dari pretest dan posttest menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa. Rata-rata nilai pretest adalah 55, sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 86, yang menunjukkan efektivitas media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini juga mengindikasikan bahwa media komedi putar dapat membangkitkan semangat siswa dan meningkatkan respon antusias mereka dalam belajar, serta melatih kecepatan berpikir dan pemahaman dalam menyelesaikan berbagai masalah matematika. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media komedi putar bangun ruang memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman siswa, dan dapat menjadi alternatif yang menarik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi siswa. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Bangun ruang en_US
dc.subject kemampuan pemahaman en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMEDI PUTAR BANGUN RUANG TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA KELAS 2 DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account