Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MARKOBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author NUR BALQIS, HUMMAIRA
dc.date.accessioned 2025-06-02T07:53:03Z
dc.date.available 2025-06-02T07:53:03Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27710
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Markobar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan. Markobar, sebagai tradisi lisan dari budaya Mandailing, diadaptasi menjadi strategi pembelajaran yang menekankan pada penyampaian pesan secara bergiliran, sopan, dan terstruktur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen di mana kelas V-A sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan penggunaan Markobar, sedangkan kelas V-B sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi keterampilan berbicara yang mencakup indikator pilihan kata, struktur kalimat, ekspresi, kelancaran berbicara, dan ketepatan isi. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Markobar terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Markobar efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa, sekaligus menjadi upaya pelestarian budaya lokal yang bermakna dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Markobar en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MARKOBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account