dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran whole
language approach terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III
SDN 104200 Karang Gading. Whole Language Approach adalah model
pembelajaran bahasa yang mengintegrasikan seluruh keterampilan berbahasa
(menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) secara terpadu dan utuh. Pendekatan
ini bertujuan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyeluruh, di mana
bahasa tidak hanya diajarkan sebagai materi, tetapi juga diinternalisasi dalam proses
pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen di mana kelas III-B sebagai kelas
eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan penggunaan model
pembelajaran Whole Language Approach, sedangkan kelas III-A sebagai kelas
kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui lembar observasi kemampuan membaca pemahaman. Hasil uji normalitas
dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen.
Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 26 menunjukkan
nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.
Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model
pembelajaran Whole Language Approach terhadap peningkatan kemampuan
membaca pemahaman siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dikatagorikan berhasil. |
en_US |