Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WHOLE LANGUAGE APPROACH (WLA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN 104200

Show simple item record

dc.contributor.author RIZKY ANDINI, AULIA
dc.date.accessioned 2025-06-02T07:45:34Z
dc.date.available 2025-06-02T07:45:34Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27708
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran whole language approach terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 104200 Karang Gading. Whole Language Approach adalah model pembelajaran bahasa yang mengintegrasikan seluruh keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) secara terpadu dan utuh. Pendekatan ini bertujuan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyeluruh, di mana bahasa tidak hanya diajarkan sebagai materi, tetapi juga diinternalisasi dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen di mana kelas III-B sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran Whole Language Approach, sedangkan kelas III-A sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi kemampuan membaca pemahaman. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Whole Language Approach terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dikatagorikan berhasil. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Pemahaman en_US
dc.subject Bahasa Indonesia en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WHOLE LANGUAGE APPROACH (WLA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN 104200 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account