Research Repository

PENGARUH MODEL POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN KRITIKAL PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author MARBUN, MUTHYA SURYANI
dc.date.accessioned 2025-05-31T01:59:10Z
dc.date.available 2025-05-31T01:59:10Z
dc.date.issued 2025-04-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27641
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Kemampuan Kritikal Pada Pelajaran IPAS Di Kelas V SD Muhammadiyah 13 Medan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deksriptif. Pada pengambilan sampel peneliti mengambil dua kelas yaitu eksperimen dengan jumlah 24 siswa menggunakan model POE (Predict, Observe, Explain) dan kelas control dengan jumlah siswa 17 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan melalui lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kritikal siswa kelas V pada kelas control menunjukkan peningkatan dari nilai pretest sebesar 50,42 menjadi 65,42 pada postest, namun hanya 50% siswa mencapai ketuntasan, menandakan bahwa pembelajaran konvesional belum maksimal dalam mengembangkan kemampuan kritikal siswa. Kemampuan kritikal siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan setelah diterapkan model POE, dari nilai pretest 48,82 menjadi 80,24%, menunjukkan bahwa model POE berpengaruh terhadap kemampuan kritikal siswa. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model POE (Predict, Observe, Explain) en_US
dc.subject Kemampuan Kritikal Pada Pelajaran IPAS en_US
dc.title PENGARUH MODEL POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN KRITIKAL PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account