Abstract:
Berdasarkan observasi di Sanggar Bimbingan ‘Aisyiyah Kampung Pandan, penulis
menemukan bahwa beberapa siswa kurang aktif dalam belajar dan banyak yang tidak
memahami materi yang diajarkan karena metode pengajaran guru yang hanya
menjelaskan dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
media realita terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV
dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitain eksperimen. Populasi penelitian
berjumlah 21 siswa, menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui
lembar observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan media realita secara
signifikan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Siswa di kelas eksperimen yang
menggunakan media realita menunjukkan keterlibatan dan pemahaman yang lebih
baik terhadap konsep ilmiah dibandingkan siswa di kelas kontrol. Uji hipotesis
menggunakan uji t menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang lebih rendah dari 0,05,
sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Temuan ini
menegaskan pentingnya metode pembelajaran yang interaktif dan kontekstual. Oleh
karena itu, disarankan agar guru lebih aktif mengintegrasikan media realita dalam
pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.