Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca nyaring pada
siswa kelas III di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Siswa sulit
memehami sebuah bacaan yang dibaca, oleh karena itu sangat diperlukannya sebuah
alternatif berupa media untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa
pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Salah media yang sangat efektif dalam
meningkatkan kemampuan membaca nyaring yaitu media berbasis pohon literasi.
Media ini mampu membantu siswa untuk dapat berlatih dalam membaca dan
memahami isi bacaan secara jelas. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK) dengan melaui beberapa tahap yakni; perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat peningkatkan keterampilan membaca siswa, dapat dilihat dari hasil skor
keterampilan membaca perolehan siswa pada siklus I hasil perolehan sebesar 58,33.
Selanjutnya pada siklus II memperoleh skor rata-rata pada siswa sebesar 87 hal ini
mengalami peningkatan sebesar 15%. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan
bahwa tindakan dengan menggunakan media berbasis pohon literasi mampu
meningkatkan keterampilan membaca siswaa di sanggar bimbingan muhammadiyah
kepong Malaysia.