Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan
keterampilan membaca pada siswa Bimbingan Muhammadiyah Kepong,
Malaysia, melalui penggunaan media Bigbook. Media Bigbook
merupakan salah satu metode pembelajaran yang mengintegrasikan
elemen visual dan teks secara efektif, sehingga diharapkan dapat
meningkatkan minat dan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK)
yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui
tindakan langsung di kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah
22 siswa yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran di kelas yang
dijadikan objek penelitian. Siswa-siswa ini menjadi bagian dari
eksperimen atau tindakan yang diambil oleh peneliti untuk mengatasi
masalah yang ada dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan
dalam beberapa siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan signifikan pada
penguasaan keterampilan membaca siswa setelah penerapan media
bigbook. Pada tahap pratindakan, sebagian besar siswa berada pada
kategori kurang dengan persentase 45,45%, namun setelah penerapan
KCB pada Siklus I, terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase yang
meningkat sebesar 64%. Peningkatan lebih lanjut tercatat pada Siklus II,
di mana semua siswa berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata
persentase sebesar 86,4%. Selain itu, penilaian respon siswa terhadap
pengguasaan keterampilan membaca melaui penggunaan media bigbook
menunjukkan bahwa penggunaan media ini sangat baik dalam
meningkatkan penguasaan siswa, dengan persentase penguasaan
mencapai 94%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
Media Bigbook sangat baik dalam meningkatkan penguasaan
keterampilan membaca siswa Bimbingan kepong Malaysia.