Abstract:
Studi ini menelaah efektivitas penggunaan media pop up book dalam
meningkatkan semangat belajar siswa tentang budaya Indonesia di Sanggar Bimbingan
Kampung Bharu Malaysia. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peserta penelitian terdiri dari siswa Sanggar
Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi,
wawancara, dokumentasi, dan evaluasi hasil pembelajaran. Temuan studi menunjukkan
bahwa penerapan media pop up book berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa dalam
mengenal budaya Indonesia. Hal ini tercermin dari peningkatan capaian belajar siswa yang
semula memperoleh nilai rata-rata 54 pada siklus I menjadi 82 pada siklus II. Peningkatan
motivasi belajar juga tampak dari bertambahnya semangat siswa dalam pembelajaran,
keaktifan bertanya dan berdiskusi, serta pemahaman materi budaya Indonesia yang lebih
komprehensif. Penggunaan media pop up book terbukti menciptakan suasana belajar yang
menarik dan interaktif, sehingga membantu siswa dalam memahami materi budaya Indonesia
dengan lebih baik. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penerapan media pop up book
merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dalam pengenalan budaya Indonesia di Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia.