Abstract:
Media Artificial Intelligence (AI) mengarah pada penggunaan teknologi
kecerdasan buatan untuk mendukung dan meningkatkan Pendidikan. Sistem kecerdasan
buatan yang tinggi mampu mengidentifikasi pemahaman siswa dan menyajikan materi
pembelajaran secara lebih menarik. Penggunaan teknologi (Artificial Intelligence) dapat
menciptakan berbagai macam bentuk media pembelajaran seperti buku digital, permainan
edukatif, video pembelajaran dan lain sebagainya. Media ini menawarkan metode
pembelajaran yang lebih menarik dan efektif, terutama dalam mata pelajaran yang
dianggap sulit oleh siswa, seperti matematika. Penerapan media interaktif berbasis video
AI dalam pembelajaran juga sejalan dengan kurikulum pendidikan yang mengedepankan
pendekatan yang lebih inovatif dan kreatif guna mendukung proses pembelajaran serta
dapat meningkatkan kemampuan demonstrasi siswa dalam memahami materi
pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun subyek penelitian ini adalah
peserta didik kelas IV SDN 056610 Paya Tusam, yang berjumlah 30 0rang. Berdasarkan
hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui beberapa tindakan yaitu
siklus I dan siklus II, serta berdasarkan pembahasan dan penilaian disimpulkan bahwa
kemampuan demonstrasi siswa kelas IV SDN 056610 telah meningkat dengan
penerapan media interaktif berbasis video AI (Artificial Intelligence). Peningkatan
kemampuan tersebut dapat dilihat dari hasil observasi yang diperoleh pada setiap siklus.
Kemampuan demonstrasi siswa sebelum tindakan sebesar 33%. pada siklus I
kemampuan demonstrasi siswa meningkat menjadi 60%. Pada siklus II kemampuan
demonstrasi anak meningkat sebesar 90%.