Abstract:
learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika
Materi Bangun Ruang siswa Kelas II SD Negeri 064964 Sidodame. Penentuan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling,
dimana sebuah populasi atau semesta dengan cara tertentu sehingga setiap
anggota populasi dimana kelas II A sebagai Kelompok Eksperimen terdapat 25
siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan dan pada
kelas II B sebagai Kelompok Kontrol terdapat 25 orang terdiri dari 13 orang laki laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data melalui tes . Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 064964 Sidodame.
Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Uji “t” atau test “t”.
Berdasarkan analisis data dengan hasil perhitungan menggunakan Uji “t”, dilihat
dari hasil Uji Hipotesis . Berdasarkan perhitungan diatas. Maka thitung > ttabel (
0,248 > 0,05) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima,
dengan rata-rata (mean) nilai hasil belajar post test kelas eksperimen yaitu 81.88
dan nilai hasil belajar post test kelas kontrol yaitu : 80.8 berada pada kategori
sedang. jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem based
learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas II SD Negeri
064964 Sidodame.