Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang
menghasilkan suatu produk berupa media interaktif berbantuan power point pada
pelajaran matematika untuk siswa kelas II SD Negeri 064965 Medan Timur.
penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kevalidan media interakttif berbantuan
power point dalam pelajaran matematika materi bangun datar dan bangun ruang,
untuk mengkaji kepraktisan media interaktif berbantuan power point . penelitian ini
menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation yang dimodifikasi hanya sampai pada tahap
Implementation. hasil pengembangan yang dilakukan dengan penilaian para ahli
yaitu validator ahli design media 93% "sangat valid", ahli materi 98% "sangat
valid", dan ahli bahasa 100% "sangat valid" pada kepraktisan pendidik yang
diambil dari respon guru mendapatkan 96 % dalam kategori "sangat praktis", pada
uji coba skala kecil yang dilakukan di kelas II A SDN 064965 Medan Timur dengan
jumlah siswa 18 orang dariseluruh respon siswa mendapatkan 88% dengan kategori
"sangat praktis".