Abstract:
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk merancang media
pembelajaran interaktif berbasis Canva serta mengkaji validasi dan kepraktisan
penggunaan media tersebut pada siswa kelas IV SD Negeri 101826 Tuntungan
sebagai bagian dari proses pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk
memahami sejauh mana media interaktif tersebut dapat diterima dan digunakan
secara efektif oleh siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Media ini media
dikembangkan dengan menggunakanpendekatan penelitian dan pengembangan
ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu ( 1) analisis, (2) desain, (3) itu, (4)
implementasi, dan (5) evaluasi.Pendekatan penelitian dan pengembangan ADDIE ,
yang memiliki lima tahap: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4)
implementasi, dan (5) evaluasi. karena keterbatasan waktu dan sumber daya , studi
pengembangan ini baru sampai pada tahap implementasi . Validasi media interaktif
media berbasis Canva untuk materi IPAS wujud zat dan implementasinya
didasarkan pada hasil evaluasi media oleh siswa.Validasi materi IPAS wujud zat
dan implementasinya didasarkan pada hasil evaluasi media oleh siswa. Hasil
penelitian memperlihatkan bahwa media interaktif berbasis Canva memperoleh
tingkat validasi sebesar 96,4%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Selain
itu, analisis validitas media secara keseluruhan mencapai 94,6%, juga tergolong
sangat valid. Validasi dari ahli bahasa menunjukkan persentase 94,6%,
mengindikasikan tingkat validitas yang tinggi. Sementara itu, uji kepraktisan yang
diperoleh dari tanggapan guru mencapai 96,4%, menandakan media ini sangat
mudah digunakan dalam proses pembelajaran. Analisis kinerja siswa menunjukkan
hasil sebesar 93%. Berdasarkan hasil analisis dari guru dan siswa, dapat
disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Canva efektif dan sangat praktis
digunakan dalam pembelajaran materi IPAS tentang wujud zat. Dengan demikian,
media ini mampu mendukung proses pembelajaran secara optimal sesuai
kebutuhan guru dan siswa.