Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum
maksimal pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Adapun yang
menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode
outdoor learning pada mata pelajaran IPA meningkatkan hasil belajar siswa kelas
IV SDS IT Al Munadi dan Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan
metode outdoor learning pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDS IT Al Munadi
Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan metode
outdoor learning pada mata pelajaran IPA meningkatkan hasil belajar siswa kelas
IV SDS IT Al Munadi Medan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah
observasi untuk melihat aktivitas guru dan siswa dan tes untuk melihat
ketercapaian hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas dengan menggunakan dua siklus. Pada penelitian ini peneliti menggunakan
metode Outdoor Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
bagian tumbuhan dan fungsinya. Sebelum melaksanakan siklus I peneliti
melakukan pretes untuk mengetahui kemampuan awal siswa, diperoleh hasil
belajar siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (42%), pada siklus I peneliti
menggunakan metode outdoor learning materi bagian tumbuhan dan fungsinya
diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (71%), sedangkan
pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa (92%), hal ini
membuktikan bahwa penggunaan metode outdoor learning dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV SDS IT Al Munadi Medan.