Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis faktor sosial ekonomi
yang mempengaruhi literasi keuangan digital: studi kasus pada mahasiswa yang
menjalani program MBKM. Faktor sosial ekonomi didalam penelitian ini adalah
pendidikan, tempat tinggal, uang saku dan ipk. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang
menjalani program MBKM. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus
Slovin dimana hasil akhirnya yang diambil sebanyak 93 mahasiswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan statistic SPSS.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dari keempat faktor sosial ekonomi
seperti pendidikan, tempat tinggal, uang saku dan ipk, hanya ipk saja yang
berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan digital. Namun keempat faktor
sosial ekonomi ini berpengaruh signifikan secara simultan terhadap literasi
keuangan digital karena memiliki nilai 𝐹โ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 3,029 > 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,48 dengan
probabilitas signifikan 0.022 < 0.05. Hasil perhitungan regresi dapat diketahui
bahwa koefisien determinasi (R square) yang diperoleh sebesar12,11%, hasil ini
memiliki arti bahwa 12,11% variabel literasi keuangan digital dapat dijelaskan oleh
pendidikan, tempat tinggal, uang saku dan ipk sedangkan sisanya sebesar 87,89%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.