Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27549
Title: Analisis Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Literasi KeuanganDigital:StudiKasusPadaMahasiswaYangMenjalani Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Authors: Zahara, Nadya
Keywords: Literasi Keuangan Digital;Faktor Sosial Ekonomi.
Issue Date: 9-Jan-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi literasi keuangan digital: studi kasus pada mahasiswa yang menjalani program MBKM. Faktor sosial ekonomi didalam penelitian ini adalah pendidikan, tempat tinggal, uang saku dan ipk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menjalani program MBKM. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dimana hasil akhirnya yang diambil sebanyak 93 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dari keempat faktor sosial ekonomi seperti pendidikan, tempat tinggal, uang saku dan ipk, hanya ipk saja yang berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan digital. Namun keempat faktor sosial ekonomi ini berpengaruh signifikan secara simultan terhadap literasi keuangan digital karena memiliki nilai πΉβ„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” 3,029 > πΉπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ 2,48 dengan probabilitas signifikan 0.022 < 0.05. Hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi (R square) yang diperoleh sebesar12,11%, hasil ini memiliki arti bahwa 12,11% variabel literasi keuangan digital dapat dijelaskan oleh pendidikan, tempat tinggal, uang saku dan ipk sedangkan sisanya sebesar 87,89% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27549
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi nadya zahara_.pdfFull text1.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.