Abstract:
Peneliti ini adalah peneliti metode pengembangan (Reaserch and Development)
dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Develpoment,
Implementation, evaluation tetapi penelitian ini hanya sampai ditahap
Implementation saja. (1) tahap analysis, yaitu tahap mencari informasi baik itu
analisis kebutuhan, analisis karakteristik peserta didik dan produk. (2) tahap design
yaitu tahap perancangan media ajar dan perancangan komponen media ajar,
perancangan materi media ajar dan perancangan instrumen. (3) tahap development
yaitu tahap pengembangan untuk mengvalidasi dari media ajar yang dikembangkan
dari beberapa para ahli. (4) tahap evaluation yaitu tahap pengujian lapangan yaitu
uji kepraktisan guru dan siswa. penelitian ini meghasilkan suatu produk berupa
media ajar buku cerita anak tiga bahasa sebagai wawasan bagi mereka untuk dapat
menguasai bahasa asing yang berada di kelas III SD Al-Washliyah 26 Medan
Labuhan yang telah teruji kevalidan dan kepraktisannya. Materi yang digunakan
adalah materi kelas III Tema 8 Praja Muda Karana (Pramuka) Sub Tema 3 Aku
Suka Bertualang Pramuka. Hasil Pengembangan yang dilakukan dengan penilaian
para ahli desain media 91,43% “Sangat Valid” ahli bahasa 92% “Sangat Valid”.
ahli materi 91,43% “ Sangat Valid”. Hasil penelitian juga menunjukkan media ajar
layak digunakan berdasarkan kepraktisan guru dan siswa. respon guru 94,28%
“sangat praktis”. Uji coba dilakukan di kelas III SD dengan jumlaj 26 Siswa
medapatkan 91,1% “Sangat praktis”. Dengan demikian produk ini layak digunakan
sebagai media pembelajaran di kelas III SD Al-Washliyah 26 Medan Labuhan.